Monday, June 22, 2009

"Intimacy vs Isolation" & "Generativity vs Self-Absorption"

Sore itu lagi2 Rachel berhambur ke pelukku sambil mengucapkan, "Aku sayang Miss Christine". Aduuhhh, lagi2 luluh lantah dibuatnya. Gue langsung merasa gimannnaaa gitu. Yahh, sbnrnya sih gue bisa dengan detail menggambarkan setiap emosi yang gue rasain. Tapi malu ahh. Secara temen2 gue banyak wanita2 yg udah beranak, yang mungkin udah ngerasain hal yang lebih luar biasa lagi.

Perasaan yang serupa sebenernya udah lmyn sering muncul, terutama sehubungan dengan kegiatan mengajar gue. Contoh lain adalah ketika anak2 The Resonanz Children Choir mau melakukan performance, gw membantu mereka fitting baju. Ohh, they were so dependent! Termasuk lagi adalah rasa peduli gw sama anak2 yg gw tahu ada sisi perkembangannya yg tidak sempurna. Gue bisa sayaaaang bgt.

Yang menarik perhatian gue adalah ketika hal tersebut gue kaitkan sm 8 Stages of Human Development-nya Eriksson. Eriksson mengatakan bahwa pada setiap tahapnya manusia akan mengalami sebuah krisis yang harus dipecahkan sebelum akhirnya muncul krisis berikutnya di tahap selanjutnya.

Kebutuhan yg gue ceritakan di atasmenggambarkan krisis di tahap ke-7, yaitu "Generativity vs Self-Absorption", yaitu di mana seseorang memiliki keinginann untuk membimbing perkembangan dari generasi selanjutnya.

Sementaraaa, rasa2nya crisis gue di tahapan sebelumnya, yaitu tahapan ke-6, "Intimacy vs Isolation", sama sekali belon terpecahkann! Hal yg penting dlm tahap ini adlh "love". Tujuan dlm thp ini adlh to lose and find oneself in a another. Absolutely belon terpenuhi! So, kenapa needs of generativity gw juga berlomba2 keluar?? Ckck...

Masa gue harus hamil dan beranak sblm gue punya pasangan? Hihihi! Well, kalo ternyata sampai bbrp tahun ke depan tnyt gue masih sendiri ajaa, gue kyknya mau adopsi anak aja, ahh. Yg penting kehidupan gue udah beres yaa. Ato ada yg mau nyumbang benih? Hihi!

Yg paling bener sih sumbang pasangan lahh, biar tahap perkembangan gue menjadi normal dan sesuai alur nih, haha!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...