Saturday, August 20, 2011

Traveling Partner


Hobi travelling?  Bagaimana cara Anda memilih partner berjalan-jalan yang tepat?  Random?  Hati-hati, bisa-bisa perjalanan Anda bukan jadi rekreasi, melainkan jadi malapetaka.  Ke manapun tujuannya (baik hanya luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri), bagaimanapun tipe perjalanannya (low-budget ataupun yang mewah), berapapun jumlah ‘pasukan’-nya, tetap ada beberapa kriteria yang ‘sebaiknya’ dimiliki oleh partner berjalan-jalan kita. 
 
Bukan berarti ketika tidak memiliki salah satu dari kriteria tersebut maka orang tersebut harus dicoret dari daftar, tapi memang semakin banyak orang tersebut memiliki sifat-sifat berikut, maka akan semakin sempurna jugalah orang tersebut menjadi parter travelling kita.  

 ü  Adventurous
Ketika kita travelling, seringkali latar belakang kita adalah untuk melepaskan diri dari segala kepenatan rutinitas yang membosankan.  Dengan travelling kita berharap dapat merasakan sesuatu yang ‘berbeda’ dan tak membosankan.  Jadi, orang-orang yang punya keinginan besar untuk merasakan hal yang berbeda tentu menyenangkan.  Makanan, tempat tinggal, aktifitas-aktifitas, dll. 

ü  Independen
Pergi bersama orang yang ‘lumpuh’ ketika tidak dipandu akan menjadi hal yang menyebalkan.  Akan ada saatnya ketika kita memiliki keinginan masing-masing dan harus berjalan sendiri-sendiri.  Ketika bersama-sama pun sebenarnya kita bertanggung jawab terhadap diri kita masing-masing. 

ü  Kreatif dan Menyenangkan
Kegiatan menghabiskan waktu bersama-sama akan terasa lebih menyenangkan, apalagi jika disertai dengan selera humor yang tinggi.  Orang kreatif biasanya juga pandai mencari cara untuk menjaga suasana tetap fresh dan tidak membuat jenuh.  Dijamin, rasa bosan tidak akan berhasil mendekati kita. 

ü  Pribadi yang Rileks
Pribadi yang bahagia, positif, dan menyenangkan akan membuat kita rileks ketika berdekatan dengannya.  Dalam melakukan perjalanan, kita mungkin akan menemui banyak sekali hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita.  The least thing we expect to happen adalah berada bersama orang yang penuh dengan emosi negatif.  Selalu menanggapi masalah dengan respon yang negative.  Bisa rusak mood kita untuk bersantai-santai.

ü  Gesit
Rileks tentu tidak sama dengan tidak gesit.  Walaupun positive thinking ataupun menanggapi segala masalah dengan ‘santai’, tapi bukan berarti santai juga dalam bertindak.  Justru diperlukan partner yang lincah, gesit dalam mengambil keputusan, cekatan dalam bertindak, dan memiliki inisiatif yang tinggi.   

ü  No Whiner, Please
Wahh, ini sih wajib.  Jauh-jauh, deh, orang yang suka mengeluh.  Mendengarkan orang yang sedikit-sedikit mengeluh itu melelahkan.  Seringkali kita harus berjauhan dengan hidup nyaman untuk mengalami sesuatu yang luar biasa.

ü  Berbeda itu Indah
Sedikit berbeda dengan adventurous person yang secara aktif mencari hal yang berbeda untuk dialami, menghargai perbedaan lebih berarti akan selalu berusaha memahami ketika menemukan sesuatu hal yang ‘tidak normal’.  Dengan memahaminya, selain menjadi lebih ‘kaya’ akan pengetahuan, hati juga tidak lelah dengan bersungut-sungut.  Seketika, hal-hal yang berbeda akan menjadi hal yang indah, bukan menjadi hal yang mengesalkan.   

ü  Grateful Person
Memandang segala sesuatu dengan penuh rasa syukur.  Orang-orang seperti ini akan lebih menghargai suatu keindahan yang ditemui. 

ü  Kemampuan Spasial yang Memadai
Ini masalah direction.  Orang-orang yang punya kecerdasan spasial yang tinggi akan sangat membantu ketika pergi ke tempat baru, mencari arah, membaca peta, dll. 

ü  Jujur
Berpergian dengan teman yang tidak bisa dipercaya tentunya akan membuat perjalanan menjadi tidak menyenangkan. 

ü  Lifestyle yang Serupa
Akan lebih baik jika Anda dan partner memiliki selera yang sama dalam menghabiskan waktu, dan bahkan menghabiskan uang. 

ü  Tidak Takut Jelek
Cantik itu perlu, tapi itu bukan segalanya.  Jika keadaan tidak memungkinkan, tidak apa-apa untuk tampil seadanya, atau bahkan kurang (ataupun sangat kurang) dari seadanya.  Itu bukan bencana.  Memaksakan diri untuk tetap terlihat cantik terkadang kurang rasional, dan merepotkan.                                                                                 

Memilih partner liburan yang SEMPURNA tentu saja sulit.  Hal ini hampir tidak ada bedanya dengan memilih pasangan hidup.  Apalah bedanya petualangan ke tempat baru dengan menjalani kehidupan yang juga tak kita ketahui ke depannya? 

Saran saya, jika kalian menemukan orang-orang dengan kriteria tersebut di atas, SEGERA NIKAHI DIA!  Kemungkinan perjalanan kalian di kehidupan ini juga menjadi hal yang menyenangkan. 
Sudah punya pasangan?  Ayo, tes kecocokan kalian dengan travelling bersama ke tempat baru! :-)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...