Friday, September 02, 2011

Burung Kakaktua dalam Classical Anniversaries | VibizDaily.com

Berikut ini adalah artikel konser "Classical Anniversaries" (2009) oleh tiga kelompok musik : Tuebinger Kammerorchester (Jerman), Capella Amadeus String Chamber Orkestra (Indonesia), dan Batavia Madrigal Singers.  Kenapa penting sampe saya masukin di sini?  Hehe, karena ini pertama kalinya saya bernyanyi Solo bersama orchestra, yang bagus pula. Thank you BMS, thank you Kak Avip, for giving me the chance.
__________________________________________________________________________
Kamis, 03 September 2009 | 13:55 WIB
Burung Kakaktua dalam Classical Anniversaries




Konser musik klasik bertajuk “Classical Anniversaries” berlangsung hari Selasa (1/9), di Usmar Ismail Hall (PPHU) Jakarta. Konser klasik yang didukung oleh Goethe Institut (Pusat Kebudayaan Jerman) ini berlangsung selama dua jam. Saat vibizdaily datang pada pukul tujuh malam, para penonton sudah ramai memenuhi lobi Usmar Ismail Hall. Para penonton yang hadir terlihat dari berbagai kalangan, para ekspatriat, mahasiswa hingga budayawan. 


Pintu ruang konser dibuka pukul delapan kurang 15 menit. Para penonton langsung antri di depan pintu dan beriringan memasuki ruangan. Ruangan konser yang berkapasitas 432 tempat duduk langsung terpenuhi. Sepuluh menit kemudian, panitia penyelenggara memulai kata pengantarnya yang menyampaikan bahwa konser Classical Anniversaries adalah perayaan atas karya-karya tiga komposer? besar Jerman, yaitu Wolfgang Amadeus Mozart, Felix Mendelsshon Bartholdy, dan Georg Friedrich Haendel. Ia juga menyatakan keunikan dalam konser ini yang menyatukan tiga kelompok music yang berbeda latar belakang musik dan bahkan budaya. Tiga kelompok music tersebut: Tuebinger Kammerorchester (Jerman), Capella Amadeus String Chamber Orkestar (Indonesia), dan Batavia Madrigal Singers.


Dua kelompok orkestra musik ini menyatukan harmonisasi dalam babak pertama dan kedua konser yang dimulai jam delapan malam. Konser dimulai dengan karya Wolfgang Amadeus Mozart yang berjudul “Divertimento dalam F-Dur KV 138”. Kedua kelompok orkestra Jerman dan Indonesia tersebut bermain dalam harmonisasi yang indah dalam pimpinan dirigen Gudni A. Emilsson (Dirigen Tuebinger Kammerorchester).


Setelah karya Mozart selesai dimainkan, penonton terlihat tidak sabar ingin bertepuk tangan member apresiasi. Tak lama kemudian, babak kedua, para orkester memainkan karya Felix Mendelssohn Bartholdy (Konser untuk Biola dan Orkestra d-moll). Sebagian besar komposisi musiknya dimainkan secara solo oleh solois biola Julia Galic yang sejak umur 13 tahun memulai debutnya sebagai solois. Gemuruh tepukan menutup permainan orkester yang? kembali menampilkan permainan apik 36 anggota orkester yang memainkan biola 1 dan 2, cello, dan kontrabas.




Jam menunjukkan pukul 20.56 saat orkester selesai memainkan repotoar Bartholdy. Kemudian, selama sepuluh menit waktu rehat diberikan oleh panitia penyelenggara. Berdasarkan pengamatan Vibizdaily, tidak ada penonton yang enggan untuk keluar. Semua dengan sabar duduk dan memberi pujian atas harmonisasi yang baik.


Babak ketiga pun dimulai jam 21 lewat 15 menit. Orkester kembali ke panggung dan diikut Gudni A. Emilsson. Pada babak ketiga yang memainkan karya Georg Friedrich Haendel yang berjudul Dixit Dominus. Karya yang terdiri dari delapan bagian ini tidak hanya dinyanyikan oleh Batavia Madrigal Singers tetapi juga dipercantik dengan permainan cembalo oleh Budi Prabowo. Beberapa bagian lagu juga dinyanyikan secara solo dan duet oleh Christine Maniar Tobing (solois sopran), Fitri Muliati (soprano), Dosma Risdaerni Purba (solois alto), Arvin Zeinullah (solois tenor), dan Rainier Revireino (solois bass).


Pada akhir konser kelompok orkestra memberikan kejutan dengan menampilkan bonus lagu, yaitu lagu tradisional Indonesia, Burung Kakaktua. Lagu sederhana yang diimprovisasi menjadi irama klasik yang megah. Para penonton pun diajak untuk bertepuk tangan dan ikut bernyanyi. Lagu inilah yang menutup harmonisasi indah tiga kelompok musik dari dua negara dalam satu panggung konser musik.


Profil:


Capella Amadeus String Chamber Orchestra

Didirikan oleh Grace Soedargo (ketua) pada tahun 1993. Grace sejak lulus SMA, tahun 1984, belajar biola di Austria dan menjadi anggota aktif dari Capella Accademica Gaz. Ia kemudian mengumpulkan murid-murid terbaiknya di Jakarta. Kelompok orkestra ini terbuka bagi siapapun selama yang bersangkutan bersedia bekerja keras dan penuh disiplin. Orkestra ini telah lebih dari 100 kali melakukan konser di Jakarta, yang terakhir, pada September 2008, Capella Amadeus mendapat kehormatan karena berhasi melaksanakan konser di Jakarta dan Bandung bersama Jahja Ling, dirigen asal Indonesia yang sekarang hidup di USA. 


Tuebinger Kammerorchester

Didirikan tahun 1957 oleh Helmut Calgeer dengan tujuan menjalin persahabatan dan pertukaran dengan universitas-universitas di luar Jerman dan organisasi-organisasi pemuda. Tuebinger Kammerorchester sendiri sejak didirikan sampai sekarang telah mengadakan sekitar 63 konser di lebih dari 90 negara di lima bagian dunia. Hal ini dapat terselenggara berkat dukungan dari Kementrian Luar Negeri, Dewan Musik Jerman, Goethe Institut, Negara Bagian Baden-Wuerttemberg, Dewan Kota dan Universitas Tuebingen.

Mereka juga turut ambil bagian dalam acara-acara penting, seperti Olimpiade Meksiko dan perayaan 200 tahun USA.

Sejak tahun 1998 orkestra ini dipimpin oleh Gudni A. Emilsson.


Batavia Madrigal Singers (BMS)

Salah satu kelompok ensembel vokal terbaik Indonesia. Didirikan pada tahun 1996, sejak mula dipimpin oleh Avip Priatna sebagao dirigen dan direktur musik. BMS mempertahankan musik koor dari masa Renaissance sampai modern, tradisional, sampai kontemporer.

Secara periodik BMS menyelenggarakan konser dan mengikuti berbagai kompetisi nasional maupun internasional. Pada tahun 2001 BMS memenangkan tiga penghargaan dari kompetisi koor internasional Florilege Vocal de Tours di Perancis. Pada tahun 2006 menjadi finalis International Choir Competition di Tolosa dan tahun 2009 di Maribor.

Pada tahun 2010 nanti, BMS telah mendapat undangan untuk tampil di Jerman dan China. 


(rs/RS/vbd,ant)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...