Wednesday, January 18, 2012

Hutan Kota Srengseng : Sedap di Mata, Sejuk di Hati

Bagi mereka yang telah tinggal di Jakarta seumur hidupnya, sangat mungkin timbul rasa jenuh terhadap jenis rekreasi yang terbatas di kota metropolitan.  Jenis rekreasi yang tersedia mayoritas berada tak jauh dari pertokoan.  Sangat konsumtif.  Jangankan hiburan, saat ini di Jakarta sudah sangat jarang meeting point atau tempat 'kongkow' yang tidak harus mengeluarkan uang (membeli sesuatu).  



Bagi mereka yang membutuhkan rekreasi bentuk lain di ibukota ini, mungkin Hutan Kota Srengseng dapat menjadi pilihan.  Lokasinya berada di Jl. Haji Kelik, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Kabupaten Jakarta Barat, dengan luas 15,3 hektar.  


Mengapa Hutan Srengseng dapat menjadi pilihan yang menyenangkan untuk rekreasi keluarga?  

  1. Masuk ke Hutan Kota ini biayanya sangat murah. Rp 500 / orang, Rp 2000 / mobil. 
  2. Untuk jumlah pengunjung saat ini yang masih sangat sedikit, parkir yang tersedia sangatlah cukup, dengan batako (bukan tanah).  
  3. Di dalamnya juga terdapat beberapa warung tempat makan.  Jadi tidak perlu khawatir kelaparan.  Makan di tengah hamparan warna hijau justru bisa menjadi kenikmatan tersendiri.  
  4. Memasuki wilayah Hutan Srengseng ini, kita kemudian disambut oleh sebuah taman bermain kecil, yang selain menyediakan beberapa alat permainan (jungkat-jungkit, ayunan, bangku-bangku semen), juga dilengkapi dengan 2 buah pendopo kecil.  Jangan kuatir anak Anda bosan karena tidak ada tempat bermain.  
  5. Jalan setapak yang nyaman.  Jadi biarpun judulnya 'hutan', tetap nyaman kok untuk dijalani.  Rutenya sepertinya sekitar 500-700 meter hingga kembali ke titik awal.  
  6. Banyak pelataran ataupun tepian jalan setapak yang bisa dijadikan tempat 'bersinggah' untuk sekedar bercengkrama atau duduk-duduk menikmati suasana bersama keluarga atau teman.  
  7. Kolam (atau waduk?) yang cukup besar di tengah hutan membuat suasana semakin menyenangkan.  Tapi mungkin karena musim hujan (Januari), maka saat saya berkunjung warna air kecoklatan.  
  8. Agar semakin dapat menikmati suasana, mungkin sebaiknya lakukan antisipasi terhadap nyamuk-nyamuk yang cukup perkasa.  

Sayang sekali batre kamera saya habis ketika berkunjung ke sini, jadi fotonya sangat terbatas.  Artinya memang harus kembali lagi ke sana.  Lain kali akan saya lengkapi.  

Sungguh deh, jika Anda merupakan orang yang senang berdekatan dengan alam, tempat ini sungguh layak dikunjungi.  Sejauh ini, sih, sejauh mata memandang, pengunjungnya lebih banyak berupa pasangan-pasangan yang sedang memadu kasih.  Mungkin karena lokasi yang sepi, gelap, dan suasana yang teduh, yang tentu saja menyenangkan.  

Ini ada beberapa foto (sebelum batre kameranya tewas) untuk sekedar gambaran sekilas.  Yukk, nikmatin warna hijau di tengah ibukota ini!  :))










1 comment:

  1. New Luanching

    KOMUNITAS REMAJA PEREMPUAN INDONESIA
    http://indo-girls-only.indonesianforum.net/

    SMART MEDIA FOR WOMEN INDONESIA

    Ayo berkontribusi untuk Perempuan Indonesia dan
    Gabung sekarang juga..GRATIS..!!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...